Mengubah Suara Google 99% jadi lebih alami seperti manusia


Mengubah Suara Google 99% jadi lebih alami seperti manusia

Google telah mengembangkan teknologi sintesis suara yang canggih untuk membuat suara Google Assistant terdengar lebih alami. Mereka menggunakan metode deep learning dan pemodelan suara untuk menciptakan suara yang dapat meniru intonasi, penekanan, dan variasi suara manusia.

Suara Google memiliki beberapa kegunaan, termasuk membacakan informasi, menjawab pertanyaan, memberikan petunjuk arah, mengatur pengingat, dan melakukan tugas-tugas lainnya yang diminta oleh pengguna melalui perintah suara.

Namun, penting untuk dicatat bahwa suara Google sebenarnya merupakan suara sintetik yang direkam oleh pembicara manusia dan kemudian diproses menggunakan teknologi pemodelan suara untuk menghasilkan intonasi dan kecakapan berbicara yang lebih alami.

Untuk suara manusia sendiri sudah dikategorikan sesuai negara masing masing, tergantung dari kebutuhan kita, misalnya kita ingin membuat video pendek atau video short di youtube atau tiktok menggunakan bahasa Indonesia, maka untuk membuat video tersebut kedengaran alami dan intonasinya baik seperti manusia, tentunya kita harus menggunakan suara dari negara indonesia. Kenapa kita harus menggunakan suara Indonesia, karena jika isi teks yang kita buat menggunakan bahasa indonesia dan suara/voice yang gunakan adalah suara dari negara lain tentu hasilnya akan jelek, mengingat suara tersebut tidak cocok atau sesuai dengan artikel atau tulisan yang sudah kita siapkan menggunakan bahasa indonesia.

Ardi palay.ht

play.ht

Banyak sekali website yang menyediakan variasi suara yang kedengaran natural layaknya manusia misalnya kita ambil suaranya dari play.ht. Menurut saya salah satu suara yang disediakan di "play.ht" (ardi) khususnya bahasa indonesia, suara tersebut intonasinya hampir 90 % menyerupai suara manusia, itupun tergantung dari bagaimana kita menempatkan tanda baca dengan baik dan benar dalam teks atau artikelnya.

FL STUDIO 11

Untuk lebih kedengaran nataural, teks yang sudah kita ubah menjadi suara tersebut harus kita edit lagi biar lebih natural layaknya suara manusia. klo tidak diedi bisa langsung digunakan untuk memuat video dan diupload ke youtube atau tiktok dll. Kalau saya biasa biasa menggunakan FL Studio untuk mengedit suara tersebut. Hanya dengan sedikit sentuhan suara tersebut akan berubah 99% natural layaknya suara manusia. 

FL Studio

FL Studio adalah sebuah perangkat lunak (software) produksi musik digital yang dikembangkan oleh Image-Line. Dulu dikenal sebagai FruityLoops, FL Studio menyediakan alat dan fitur yang lengkap untuk menciptakan, merekam, mengedit, dan mengaransemen musik dengan menggunakan komputer.


Nah untuk mengedit suara menggunakan fl studio yang sudah jadi tentu tidaklah sulit mengingat FL Studio sudah menyediakan banyak sekali efek suara yang tinggal kita gunakan. untuk cara mengeditnya, buat teman-teman yang sudah perna menggunakan fl studio tinggal mengikuti gambar di atas dan hasilnya seperti pada video di bawah ini :






Tidak ada komentar